Europe,  World

Serunya Nonton Coldplay di Brussels!

Saya nggak inget sejak kapan saya mulai suka Coldplay. Yang pasti, jaman saya jadi mbak2 bank di Makassar, setiap karaokean bareng genk The Gosong Junkies, lagu-lagu Coldplay seperti Fix You, Yellow, The Scientist, Paradise, wajib ada di playlist, wajib!

Yang saya suka dari Coldplay adalah pesan lagu-lagunya universal, gak melulu cinta-cintaan.

Sebelum konser dimulai
Bapak-bapak lighting. Great job, sir!

Sebagai rangkaian dari A Head Full of Dreams World Tour, Coldplay juga menggelar konser di Brussels pada 21-22 Juni 2017, tepatnya di King Boudewijn Stadium.

Tiketnya sendiri dijual September atau Oktober 2016. Saat itu saya masih ribet jadi mahasiswa baru dan nggak terlalu ngeh kalau Coldplay mau konser.

Sehingga, waktu itu saya nggak terlalu kecewa, karena masih fokus mikir gimana caranya lulus mata kuliah ini dan itu. Hahaha.

Beberapa teman kuliah saya berhasil membeli tiket setelah perjuangan yang beuhhh – sengit. Seluruh tiket sold out dalam hitungan menit.

Saya nggak ingat tentang konser Coldplay tersebut sampai beberapa minggu sebelum konser. Anat, teman Israel saya tiba- tiba berniat menjual tiket itu. Wah, tanpa pikir dua kali langsung saya beli tiket berdiri seharga 81 euro itu. That was one of the best decisions I’ve ever made.

Johnny, Will, Chris, Guy

Insiden Brussels Attack                                 

Tanggal 20 Juni 2017, sehari sebelum konser ada peristiwa Brussels attack di Brussels Central Station.

Saya dan dua orang teman, Ana (dari Spanyol) dan Siyao (dari China) awalnya ketar ketir. Kami cek berita, kalau – kalau konser dibatalkan. Tapi, tidak ada pemberitahuan adanya pembatalan.

Sejujurnya saya masih agak kuatir dengan alasan keamanan. Tapi, Ana dan Anne (teman dari Belanda) meyakinkan kalau justru stadion tempat Coldplay konser akan menjadi tempat yang paling aman.

Otoritas setempat pasti sudah mengukur risiko dan kalau tidak ada pembatalan, artinya mereka bisa menjamin keamanan penyelenggaraan konser.

Akhirnya tanggal 21 Juni pagi, kami berangkat dengan Flixbus dari Eindhoven ke Brussels, langsung menuju stadium. TicketmasterNL, tempat kami membeli tiket sudah memberikan arahan bagaimana cara menuju lokasi dan informasi penting lainnya.

Chris with his guitar. Kayanya lagi nyanyiin Yellow atau Fix You
Chris Martin on stage. Emang seenerjik itu!

The Best Concert Ever!!!

Kami menunggu beberapa jam di luar stadion sebelum pintu dibuka. Banyak sekali orang juga menunggu. Fyi, saat itu musim panas dan bulan puasa! Double killer.

Begitu dibuka, semua orang seketika berlarian. Terutama yang memiliki tiket berdiri seperti kami. Ana khawatir kalau kami tidak dapat posisi yang bagus, saya yang mungil ini nggak akan menikmati konser karena ketutupan bule-bule yang tinggi- tinggi. hahaha.

Saat lagu Adventure of lifetime

Kami berhasil mendapatkan tempat yang amat sangat strategis (terbukti dari foto-foto saya 🙂 semua foto diambil dengan iPhone 5). Cuma beberapa meter dari panggung dan persis di belakang para penonton yang membeli tiket khusus seharga 200 euro!

Konser dibuka dengan lagu A Head Full of Dreams dengan intro pidato Charlie Chaplin. Selain dari album terbarunya, Coldplay juga membawakan beberapa masterpiece mereka, seperti Yellow, The Scientist, Viva La Vida, Fix You.

Adventure of Lifetime
Saat lagu Every drop of waterfalls

Saat itu Something Just Like This (feat The Chainsmokers) juga baru rilis beberapa bulan sebelumnya dan lagi high on the chart.

Di setiap konsernya Coldplay juga menyanyikan satu lagu khusus diluar setlist regulernya. Di Brussels, Chris menyanyikan lagu Formidable (ini juga lagu Prancis favorit saya) dari Stromae, penyanyi dari Belgia yang ternyata juga menjadi salah satu penonton!

Total ada 23 lagu yangi dinyanyikan, dan konser ditutup dengan lagu Up&Up. Check setlist lengkapnya di sini.

Waktu lagu Up&Up dinyanyikan, aura sedih perpisahan mulai terasa. Apalagi lagu ini juga agak melancholic. Huaaa…

Up&Up
Me after the concert. Smiling ear to ear. Super happy!!!

Dan, it was the best concert ever! Bagus banget. Chris Martin emang paling keren aksi panggungnya. Pecah. Enerjik banget. Dari yang lari – lari, loncat – loncat, sliding, kadang mikir itu dia encok nggak ya. Hahaha.

Selain itu, lighting, tata panggung, properties, semuanya keren maksimal. Sampai sekarang kalau nonton video konsernya di Youtube, suka merinding sendiri saking excited nya. Masih berasa nostalgia dan atmosfernya. Kalau Coldplay ada world tour lagi, mau nonton lagi!

2 Comments

  • A Dreamer

    Mbaaaa akuuuu iriiiii 😢😢😢😂😂 waktu dengar Couldplay Asian Tour 2017 dengan negara terakhir yang di kunjungi adalah Jepang, Tokyo aku iriiiii seketika pengen jadi orang kayaaa dan lansung terbangvke Jepang, huhu.

    Bener banget mbaa nontonin aksi panggung om Christ Martin di youtube bikin merinding 😆😆 lagunya juga aduhaii sekaliii. Meski tak pernah mengkotak-kotakan musisi tapi aku dan sahabat aku punya mimpi nontonin konser music Couldplay dan Orchestra at least sekaliiiii. Berasa bener seberapa excited-nya mbaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *