Sunset di Perkebunan Teh Malino, Gowa
Asia,  Indonesia,  World

Cerita Sunset (1)

Beberapa minggu yang lalu, saya berpartisipasi dalam sebuah pameran foto perjalanan yang diadakan oleh Institut Francais Indonesia (IFI) Yogyakarta. Dari sekian foto yang saya kirimkan, sebagian besar yang dipilih oleh sang kurator adalah foto- foto sunrise dan sunset.

Saya memang hobi sekali menunggu sunrise dan mengejar sunset. Melihat langit berganti warna menimbulkan rasa sentimentil tersendiri. Tak jarang perjalanan menuju tempat sunrise/ sunset adalah perjalanan yang terburu- buru dan menegangkan karena takut momen yang hanya berlangsung beberapa menit itu terlewatkan. Saat sampai di lokasi, tanpa komando biasanya setiap orang langsung mengambil posisi masing- masing tanpa banyak bicara, kemudian larut dalam pikiran dan imajinasi sendiri, sambil menunggu langit berubah warna.

Berikut adalah beberapa foto sunset  favorit saya:

Sunset dari Warung Popsa, Makassar
Sunset dari Warung Popsa, Makassar

Salah satu kegiatan gratis dan menyenangkan saat tinggal di Makassar adalah menunggu sunset. Frame sunset ini tertangkap dari warung Popsa, Makassar beberapa tahun lalu saat masih ada pembangunan/ perluasan pelabuhan bongkar muat Soekarno- Hatta.

Pulau Lae- Lae terlihat dari Pantai Losari, Makassar
Pulau Lae- Lae terlihat dari Pantai Losari, Makassar

Sunset ini diambil dari anjungan pantai Losari saat mengantarkan teman (waktu masih di Makassar sering sekali jadi guide dadakan) yang ingin menyaksikan sunset melegenda dari tepi Losari. And here it is 🙂

Pulau kecil didepan itu adalah Pulau Lae- Lae, pulau berpenduduk cukup padat sekaligus tempat yang pas untuk muck snorkling (anggap saja sodaraan dengan muck diving). Muck diving adalah aktivitas penyelaman yang lebih fokus untuk mengeksplor makhluk-makhluk makro yang eksotis seperti nudibranch, octopus, dll yang biasanya di spot yang tidak terlalu dalam, banyak sampah dan berlumpur. Bang Arief Madekan, senior saya sudah membuktikan kepiawaiannya berburu foto makro hewan- hewan unik seperti nudibranch berwarna- warni di tepi pulau Lae- Lae. Salah satu spot muck diving tersohor di Indonesia berada di selat Lembeh, Sulawesi Utara (*masukin bucket list).

after sunset di losari
Siluet patung di Pantai Losari, Makassar sesaat setelah sunset

Sunset itu bukan melulu berwarna jingga, kadang ia datang dalam sapuan warna merah membara, kadang juga keunguan. Nah, ini adalah siluet patung tiga orang yang sedang bermain paraga alias sepak takraw khas Bugis di pantai Losari. Foto ini saya ambil sesaat sebelum sunset dengan bias warna jingga keunguan dari arah barat.

Sunset di Perkebunan Teh Malino, Gowa
Sunset di Perkebunan Teh Malino, Gowa

Perkebunan Teh Malino Highland yang berada di Kab. Gowa ini sering dianggap sebagai ‘Puncak’ nya Makassar karena hawanya yang dingin dan menyejukkan, kontras dengan udara di Makassar yang panas membara dan lembap.  Foto ini diambil beberapa tahun lalu saat kami masih baru jadi warga Makassar, dan saat pertanyaan ‘kapan nyusul’ belum sering terdengar. Duduk manis sambil menyesap teh hangat dan obrolan beraneka topik adalah jurus jitu pengusir lelah sesama perantau.

Sunset di pulau Lanjukang, gugus Kepulauan Spermonde, Makassar
Sunset di pulau Lanjukang, gugus Kepulauan Spermonde, Makassar

Ini adalah pose narsis (narsis nggak sih, kan nggak kelihatan mukanya ya) favorit saya, diambil di Pulau Lanjukang yang berada di gugus kepulauan Spermonde yang pernah saya tuliskan ceritanya di sini.

Sunset di Pulau Kadidiri, Kep. Togean- Sulawesi Tengah
Sunset di Pulau Kadidiri, Kep. Togean- Sulawesi Tengah

Yang ini after sunset di Pulau Kadidiri, Kepulauan Togean- Sulawesi Tengah. Saya mengambil foto ini saat sedang snorkling beberapa belas meter dari dermaga tersebut. Sebagian besar orang yang sedang duduk- duduk santai di dermaga itu adalah bule- bule muda yang sedang liburan menikmati keindahan Togean. Ya, pesona Togean justru lebih kondang di telinga para bule Amerika dan Eropa daripada orang Indonesia sendiri. Saat snorkeling sore itu saya kembali tersentak bahwa memang mental sebagian orang Indonesia dalam menjaga keindahan alamnya justru tidak lebih baik daripada para bule asing yang bahkan tak berdarah Indonesia, ceritanya pernah saya tulis di sini.

Sunset dari Bagan, Myanmar
Sunset dari Bagan, Myanmar

Satu tempat yang ingin saya datangi lagi adalah Bagan. Saya ikhlas deh seminggu full di Bagan bolak- balik nungguin sunrise dan sunset di Bagan kalau pemandangannya macam begini. Apalagi sunrisenya yang tampak surreal seperti ditarik dari gambar cerita anak- anak.

Sunset dari Ubein Bridge, Myanmar
Sunset dari Ubein Bridge, Myanmar
Sunset dari Ubein Bridge, Myanmar
Sunset dari Ubein Bridge, Myanmar

Bisa dibilang foto cantik ini didapat secara tidak sengaja. Atraksi utama sore itu sebenarnya adalah Ubein bridge yang katanya merupakan jembatan dari material kayu jati yang memegang rekor terpanjang (+- 1,2 km) dan tertua di dunia. Tapi, sore itu jembatan penuh sesak oleh warga lokal dan wisatawan mancanegara. Idealnya, untuk bisa menangkap foto jembatan yang meliuk- liuk panjangnya itu harus diambil dengan menaiki sampan. Setelah puas melihat orang- orang berlalu lalang, tak sengaja saya membalikkan badan dan…. tertangkaplah momen ini 🙂

Kalau kamu, suka kah melihat langit berganti warna? 🙂

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *